scops owl – cara merawat burung hantu

scops owl - cara merawat burung hantu

tips atau cara merawat burung hantu

Beri makan secukupnya
Jika burung hantu yang anda miliki bejenis celepuk perawatannya akan lebih mudah lagi. cukup berikan 10 ekor jankrik dewasa di pagi hari dan berikan 10 jankrik dewasa di malam hari, jika jankriknya kecil-kecil silakan tambahkan lagi takaranya menjadi 15. Selain jankrik si burung hantu juga dapat di beri makan ikan kecil (anak ikan mas) dan burung pipit (emprit) harganya cukup murah Rp 1000 perekor. Jangan sekali-kali memberi makan burung hantu dengan daging ayam atau lele bahaya!memberi cukup jankrik saja sampai dia berumur 7-8 bulan, setelah itu di ganti dengan si emprit atau tikus putih yang banyak di jual di pasaran.

Jangan simpan di tempat atau udara yang panas
Burung hantu tidak menyukai tempat yang panas, jika anak burung hantu disimpan di tempat bersuhu panas (misal siang bolong) itu akan sangat berbahaya. Masukan burung hantu kedalam rumah saat jam 11.00 – 16.00 karena jam-jam itu merupakan waktu matahari bersinar keras,

Jangan simpan di tempat yang dingin
Selain panas burung hantu pun tidak suka tempat yang bersuhu dingin, sebaiknya saat magrib kamu pindahkan burung hantu tersebut kedalam rumah jangan menaruhnya di luar jika suhu udara dingin si belita burung hantu tersebut tidak kuat akibatnya fatal, mungkin mati

Selalu ajak berbicara atau sekedar menyapa
Ajaklah selalu burung hantu tersebut berbicara, agar dia tidak merasa kesepian. Burung hantu juga mahluk hidup pasti merasakan yang namanya kesepian, jika ini di larut-larut dia mungkin akan stres, kalau udah stress biasanya dia tidak mau makan, kalau udah ga mau makan 2 hari kemudian dia pasti mati.

Simpan burung hantu di tempat atau ruang yang gelap
Usahakan saat malam hari simpan burung hantu di tempat yang gelap, matikan saja lampu di ruangan tempat kamu menyimpan si burhan. karena burung hantu umumnya tidak menyukai cahaya terang di malam hari.

Lakukan kontak dan berkenalan lebih dekat
Selalu luangkan waktu untuk berkenalan lebih dekat dengan burhan cukup dengan memandanginya tujuannya agar si burhan tesebut ingat pada kita dan lebih dekat secara batin dan emosional. kalau sudah nyaman burung hantu tersebut tidak akan takut lagi pada Anda, dan tidak akan lagi mengigit keras,Selain itu dengan membiasakan kontak mata secara lembut akan menciptakan emosional positif burhan tersebut pada kita, sebagai tuannya. coba elus-ulus bagian atas kepala burhan, jangan takut ya, justru dia menyukainya,

Bersikaplah tenang jangan tunjukan rasa panik dan keget anda di buruh hantu
Sikap seperti ini akan membuat burhan anda menjadi ikut panik dan siaga satu :) so kalem saja, kalau misal anda di gigit jangan agresif biarkan saja nanti akan di lepas sendiri oleh burhan sebab anda tidak melakukan perlawanan kalau anda panik dan agresif burung hantu tersebut akan melawan atau malah ketakutan dan panik,lebih baik di gigit dari pada si burhan panik, soalnya kalau panik dan ga betah si burhan akan stress dan seperti yang dijelaskan di atas, kalau udah stress biasanya ga mua makan, dua hari kemudian akan mati.
ini ada beberapa tanda-tanda kalo burung hantu sakit:

1. Mata Burung Hantu Yang Selalu Tertutup siang dan malam
Mata burung hantu tersebut tidak mau terbuka bahkan saat kita mendekati dan mengganggunya dia tidak mau membuka mata, berbeda jika burung hantu tersebut sehat, dia pasti akan membuka matanya lebar-lebar sambil melotot, jika hal ini terjadi segera beri pertolongan pertama dengan memisahkan burung tersebut dari burung yang sehat (jika satu kandang) kemudian paksa dia untuk memakan jankrik, dan minum 1 tetes minyak ikan.

2. Tidak Mau Makan
Bukan manusia saja yang kehilangan selera makanya pada saat sakit, si burhan juga sama pada saat ia sakit ia tidak mau makan, jangan biarkan ini berlalur-larut, paksa dia untuk makan minimal 2 buah ekor jankrik dewasa dengan cara menyuapkannya.

Badan atau sayap yang selalu bergetar
badan selalu bergetar dan saat sayap di kembangkan menunjukan hal yang sama, itu tandanya burung hantu kita sedang demam atau panas dinging, untuk mengatasi hal ini kita dapat memberikan perlindungan atau penghangatan kandang dengan menudungkanya dengan sarung atau kain penutup kandang. Pada saat pagi hari usahakan agar burhan terkena sinar matahari secara langsung 30 menit setelah itu masukan kembali kerumah.

18 thoughts on “scops owl – cara merawat burung hantu

  1. Cara Memelihara Burung Hantu
    Nah,Pertama tama,sebelum meng-handle owl idaman anda,alangkah baiknya anda mengetahui dasar dasar tentang owl tersebut.,mulai dari cara merawat,pakan,dan serba serbi lainnya..Memang,hobi burung hantu kian berkembang di Indonesia,namun masih belum sepopuler hobi hobi lainnya dikarenakan masih belum banyak petshop yang menjual owl/burung hantu/burhan,eits,bukan berarti saya mendukung penjualan hewan langka dan nyaris punah..karena notabene owl-owl yang dijual secara terbuka merupakan spesies yang bukan termasuk dalam kategori terancam punah,.Berikut ini adalah daftar owl yang sering di pelihara di negara kita…….
    nah,itulah owl yang paling banyak di handle oleh owlry mania.tingkat kesulitan merawatnya pun beragam hingga yang paling mudah ‘scoop owl’ hingga yang paling susah ‘barred eagle owl’..untuk pemula,disarankan memelihara scoop owl terlebih dahulu jika sudah ahli,barulah memelihara owl yang tingkat kesulitan memeliharanya lebih tinggi..Mengapa harus scoop owl bagi pemula?..ya,.scoop owl adalah pilihan yang tepat untuk para pemula karena:
    1.Ukuran tubuh relatif kecil,kurang lebih 20 cm
    2.Tidak memerlukan banyak tempat alias praktis dan harga murah…
    3.pakan lebih ekonomis karena makanan utama burung ini di alam liar adalah serangga,..jadi anda hanya perlu ‘jangkrik’ untuk mengisi perut scoop owl/burung hantu jawa/celepuk.nah,untuk keterangan mengenai burung hantu jenis lainnya,lihat postingan lain di blog ini…..
    Apakah kandang baik untuk owl?
    -kami rekomendasikan sebaiknya jangan ditaruh di kandang…lebih baik taruh pada tangkringan seperti burung kakatua..
    Berarti kakinya harus di rantai dong?
    -Kami rekomendasikan sebaiknya jangan menggunakan rantai…gunakanlah asesori khusus owl yang aman…biasanya penjual menjualnya langsung satu paket yang terdiri dari gelang(kulit),tali(kulit),sarung tangan dan bell …
    Susah nggak jinaknya?
    -belilah saat owl tersebut masih dalam kategory baby/anakan atau brancher/remaja (untuk info lebih lengkap lihat postingan cara menjinakkan burung hantu)
    Kan hewan nokturnal, jadi kalo siang bobo terus ya?
    -tergantung,jika keadaan kurang tenang dia akan terbangun walau di siang hari…
    Kan kalo di tv tv burung hantu kan serem ya suaranya? kalau bikin ribut di kampung gimana?
    -burung hantu yang sudah jinak jarang berbunyi,apalagi yang jenisnya kecil seperti scoop owl..kalo yang di tipi tipi yang serem itu BurHan liar dan jenisnya tertentu..
    Kira kira bisa hidup sampai berapa tahun?
    -jika perawatan benar maka bisa lebih dari 5 tahun

    • Dear Dian,

      bisa ikutin tips ini ya sist :

      Cedera otot kaki ringan (pincang) bisa ditangani dengan merendam kakinya di air hangat yang dilaruti garam. Ulangi pagi dan sore selama beberapa hari. Selama terapi, jauhkan dia dari benda2 yang rentan terjatuh saat diinjak / membuat cederanya semakin parah.

      Cedera sayap membuat sayapnya tidak bisa tersimpan dengan sempurna di bahunya. Oleskan daun sereh yang telah dilarutkan dalam air dibagian yang cedera, lalu sambil dikembalikan ke posisi yang benar, bebat sayap yang cedera dengan perban. Ulangi terapi ini, ganti perban dan larutan sereh 2x sehari.

  2. celepuk milik saya tidak mau makan jangkrik walau sudah saya suapi. bagaimana cara membuat celepuk mau makan jangkrik? sementara ini saya beri anak kodok dan pur yang telah dilarutkan. karena sering saya beri anak kodok, kotoran nya menjadi agak encer seperti tercampur urine. apakah normal? thx infonya

  3. sy punya scoop owl warna putih sdkit kcoklatan.
    dkasih sm tmn sih gr” istri’a yg hamil gak mw suami’a plihara itu burung.
    lama” sy jd sayang sm burung hantu.
    sll sy suapi mkan’a jg mnum’a.
    ap kl sy lepas rantai’a doi akn kabur ??
    sy jg ga tega liat kaki’a drantai.sy takut kl nnt sm kucing malah jd bhan maenan sm makan sm geng’a

  4. misi om admin, numpang ngiklan…
    bagi teman-teman yang serius ingin menjadikan owl atau elang sebagai partner, jangan lupa untuk memperhatikan perlengkapan pokok (anklet, jesse, dkk).
    kami menyediakan equipment tersebut dengan kualitas tinggi dan bergaransi, harga pun sangat terjangkau. mari mampir ke

    http://awfalconry.blogspot.com

  5. Saya mau tanya .
    Saya kan mau beli Burhan Tyto Alba/Serak jawa/Barn Owl..
    Nah itu burungnya di kirim melalui ekspedisi kereta.
    Nah cara mengatasi agar si alba gk stres saat nyampek rumah ?
    dan cara perawatan n makananya apa?
    thx befor :)

  6. kan kalau udah umur 7-8 bulan dikasihnya burung emprit atau tikus putih?
    Itu berapa kali sehari dikasihnya?
    kalau dikasih cicak boleh gak?

  7. Sorry nih gaan …ane mau nanya burung hantu ane matanya sipit sebelah gaan kira”kenapa ya gaan …?
    Tolong kasi masukan gaan biyar ane makin ngerti kondisi burung hantu gaan …
    Thank’s … :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s